Inilah Perbedaan iPhone iBox/TAM, Inter, dan Distributor

Inilah Perbedaan iPhone iBox/TAM, Inter, dan Distributor

PSLT.org – Saat Anda hendak ingin membeli iPhone baru di toko maupun marketplace online tentunya pernah menemukan iPhone yang dijual dengan keterangan seperti iPhone Resmi iBox/TAM, iPhone Garansi Inter/Internasional, atau iPhone Distributor.

Sebenarnya apa sih perbedaan dari keterangan iPhone-iPhone tersebut? Kali ini kami akan membahas tuntas untuk Anda semua untuk menambah wawasan apalagi bagi mereka yang mau membeli iPhone.

Baca Juga: Cara Menghapus Aplikasi yang Baik dan Benar di HP Xiaomi

Perbedaan iPhone dari iBox, TAM, Inter dan Distributor

Perlu Anda ketahui bahwasanya ponsel iPhone tersebut yang beredar di Indonesia sendiri didatangkan dari luar negeri melalui banyak jalur, ada yang resmi ada juga yang tidak resmi.

Sebutan iPhone iBox/TAM, Inter, atau Distributor itu adalah istilah / label yang merujuk pada asal darimana iPhone tersebut masuk ke Indonesia beserta pengurusan garansinya seperti apa.

Sebenarnya apa sih perbedaan dari keterangan iPhone-iPhone tersebut? Kali ini kami akan membahas tuntas untuk Anda semua untuk menambah wawasan apalagi bagi mereka yang mau membeli iPhone.

iPhone iBox/TAM

iBox merupakan distributor resmi yang menjual produk Apple di Indonesia, begitu juga dengan TAM yang masih satu perusahaan dengan iBox. Keduanya merupakan anak perusahaan Erajaya Swasembada.

Karena masuk melalui jalur resmi, tentu iPhone yang berasal dari jalur iBox ini mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan, diantaranya sebagai berikut.

Kelebihan:

  • Garansi yang mudah dan dapat diklaim di seluruh iBox di Indonesia
  • iPhone dapat menggunakan kartu SIM dengan bebas
  • Kualitas produk terjamin dan sudah pasti dapat bekerja dengan baik di Indonesia
  • Mendapatkan pelayanan resmi langsung dari iBox

Kekurangan:

Harga yang biasanya lebih tinggi dari yang lain

iPhone terbaru lebih lama tersedia

Phone iBox atau TAM cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan produk yang benar-benar terjamin dari segi originalitas, kualitas, bantuan layanan, hingga proses garansi yang tidak merepotkan. Namun biasanya iPhone terbaru lebih lama keluar dibandingkan dengan jalur lainnya

iPhone Distributor

iPhone Distributor mengarah pada iPhone yang dibawa masuk ke Indonesia oleh importir yang juga sudah melalui jalur resmi di atasnya. Garansi dari iPhone ini disebut dengan istilah “Garansi Distributor”.

Berbeda dengan iPhone Resmi iBox atau TAM, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang wajib kalian ketahui dari iPhone Distributor atau Garansi Distributor ini. Berikut penjelasannya.

Kelebihan:

  • Harga yang ditawarkan cukup murah diantara yang lain
  • Biasanya produk iPhone terbaru lebih cepat masuk ke Indonesia

Kekurangan:

  • Pengurusan Garansi yang cukup ribet dan lama
  • Biasanya Garansi tidak melalui jalur Resmi atau disesuaikan dengan kartu garansi yang diberikan (menggunakan service center sendiri yang cukup meragukan)
  • Tidak sedikit ditemukan iPhone Distributor yang beredar merupakan barang Refurbished/Rekondisi (iPhone bekas yang rusak lalu diperbaiki)

Apabila Anda ingin membeli iPhone dengan harga yang miring dibandingkan yang lainnya, iPhone Distributor bisa menjadi salah pilihan alternatif. Namun tetap berhati-hati akan kemungkinan iPhone Refurbished, pastikan keaslian iPhone melalui IMEI, dan cek lebih detail soal proses garansi dengan penjualnya.

iPhone Inter/Internasional

iPhone Inter/Internasional ini masuk ke negara Indonesia melalui jalur yang tidak resmi, dalam bisa saja dibawa masuk oleh perorangan maupun diimport tanpa adanya layanan purna jual.

Kelebihan:

  • Memiliki harga yang sedikit lebih murah dari iPhone Resmi iBox
  • Biasanya produk iPhone terbaru lebih cepat masuk ke Indonesia

Kekurangan:

  • Tidak memiliki layanan resmi untuk klaim garansi (biasanya dibantu urus oleh si Penjual)
  • Proses garansi yang lama

Saya sendiri pernah ada pengalaman membeli iPhone dengan garansi Inter dan sejauh ini memang tidak ada masalah. Tetapi perlu diingat juga untuk tetap memastikan bahwa iPhone garansi inter yang dibeli sesuai dengan keinginan, yakni benar-benar asli, baru, kejelasan masalah garansi, bukan produk refurbished (jika memang beli yang baru), dan bila perlu cek juga reputasi penjual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like